Header Ads

Langkah-langkah Mengatasi Ponsel Tercebur ke Air

Mengatasi Ponsel Tercebur ke Air

Langkah Awal Mengatasi Ponsel yang Tercebur kedalam Air

Dewasa ini dengan semakin canggihnya tekhnologi yang dibuat termasuk tekhnologi untuk handpone, salah satunya dalah tekhnologi tahan air. Yang mana menurut kepercayaan masyarakat awam bahwa ponsel tahan air itu dapat bertahan di dalam air sehingga bisa dibawa sesuka hati bermain didalam air. Namun sebenarnya perlu kita ketahui bahwa fitur ponsel tahan air itu sebenarnya hanya bisa bertahan beberapa saat saja didalam air. Hal ini dikarenakan bahwa fitur smartphone tahan air ini hanya sebagai pertahanan apabila terjadi hal dimana handphone/smartphone tersebut tercebur kedalam air. Sehingga pemiliknya dapat segera mengambil ponsel tersebut dan tanpa terjadi kerusakan akibat air yang masuk kedalam smartphone tersebut. Hal ini berarti meskipun anda memiliki ponsel tahan air, itu bukan berarti anda dapat memasukan ponsel anda ke dalam air dengan waktu yang lama.

Lalu bagaimana dengan ponsel yang tidak memiliki ketahanan khusus untuk melindungi ponsel tersebut dari air. Apakan ponsel dan smartphone bisa bertahan ketika tercebur kedalam air.?

Jawabanyya Bisa.
Asalkan dengan penanganan intensif yang cepat dan benar sehingga smartphone yang tercebur akan dapat kembali diselamatkan. Lalu apa saja Cara menangani Smartphone jika tercebur kedalam air. Jawabannya akan saya simak secara rinci di Blog Yansyah Komunika ini. Langkah langkah mengatasi ponsel kemasukan air adalah sebagai berikut :

1. Ambil Ponsel yang tercebur secepatnya


Keluarkan dari Air - Mengatasi Ponsel Tercebur ke Air

Ketika ponsel atau smartphone anda terjatuh ke dalam air maka segera ambil ponsel tersebut secepat mungkin. Hal ini untuk mengantisipasi banyaknya air yang masuk kedalam ponsel. Lamanya ponsel tercebur didalam air bisa mengakibatkan patal terhadap komponen-komponel yang berada didalam ponsel dikarenakan air itu bisa menghantarkan arus listrik yang berasal dari baterai ponsel.

2. Matikan ponsel dan Cabut Baterai Hp


Matikan Hp - Mengatasi Ponsel Tercebur ke Air

Setelah smartphone yang tercebur kedalam air berhasil anda ambil, segeralah matikan handphone tersebut. Tujuannya adalah supaya komponen smartphone tidak bekerja. Apabila smartphone yang terisi air terus dinyalakan dan komponennya tetap berjalan, hal ini bisa menyebabkan terjadinya konsleting arus listrik didalam ponsel karena air merupakan benda yang dapat menghantakan arus. Arus listrik yang berada pada smartphone itu bersumber dari baterai. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya konsleting arus listrik ponsel yang tercebur tersebut harus segera dimatikan dengan cara melepaskan baterai dari handphone.

3. Keringkan ponsel


Keringkan HP - Mengatasi Ponsel Tercebur ke Air

Hal yang paling penting selanjutnya adalah mengeringkan ponsel. anda dapat mengeringkan bagian ponsel menggunakan kain yang bertekstur halus agar tidak merusak ponsel. Sedangkan untuk mengeringkan bagian dalam, anda dapat menggunaknan penyedot debu (Vacum Cleaner) agar air yang berada didalam bisa tersedot oleh vacum cleaner. Jika tidak ada penyedot debu, anda jangan menggunakan pengering rambut atau hair dryer atau alat sejenis yang sipatnya meniump. Karena dengan menggunakan alat peniup, bukannya air keluar tapi malah akan membuat air semakin masuk hingga kesela-sela yang sulit dan akan mengakibatkan pengembunan.

Untuk mengeringkan semua bagian sudut handpone, bukalah semua casing handphone agar bagian dalam handphone bisa dikeringkan. Namun jika anda tidak bisa membuka casing hp, jangan dipaksakan, bawalah ke tempat service agar lebih aman.

4. Masukan ponsel kedalam beras atau silica gell


Beras dan Silica Gell Untuk Mengeringkan HP

Beras dan silica gell memiliki sifat higroskopis yang dapat menyerap air dan membuat area disekeliling bebas lembab. Dengan memasukan ponsel yang sudah tercebur kedalam air ke dalam wadah yang berisi beras atau silica gell akan membuat air yang ada pada ponsel terserap dan membuat ponsel tidak lembab. Simpanlah posel didalam beras atau silica gell beberapa saat. Jangan lupa untuk membalikan posisi ponsel agar kering merata.

Dengan menggunakan beras dan silica gell ini, air yang tidak dapat dijangkau oleh kain lap atau vacum cleaner pada saat mengeringkan tadi akan mudah diserap oleh beras.

Namun anda juga harus berhati-hati ketika melakukan hal ini. Jangan sampai silica gell dan beras yang digunakan untuk mengeringkan hanphone dari air masuk kedalam lubang hanphone baik itu lubang carger atau pun lubang port lainnya.

5. Bersihkan kembali dan Pastikan ponsel benar-benar kering untuk mulai di hidupkan kembali

Setelah merendam didalam beras atau silica gell, pastiny akan membuat ponsel anda kotor. Oleh karena itu silahkan anda bersihkan kembali menggunakan kain yang halus. Dan periksa apakan ponsel sudah benar-benar kering atau masih ada air didalam ponsel tersebut. Jika masih ada air, silahkan keringkan lagi dengan metode-metode yang telah saya jelaskan diatas.

Jika ponsel sudah benar-benar kering, anda dapat memasang kembali baterai ponsel dan kembali menyalakannya.
Namun sekali lagi saya ingatkan, apabila anda masih ragu apakan ponsel sudah benar-benar kering atau belum, anda dapat membawa ponsel yang kemasukan air ke tempat servis handphone agar penanganannya lebih profesional.

Nah untuk artikel saya tentang Langkah-langkah Awal Mengatasi Ponsel Tercebur ke Air saya rasa sudah cukup. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu apabila disuatu saat nanti anda mendapatkan kejadian seperti ponsel terjatuh ke air sehingga anda dapat dengan tepat dan cepat menanganinya agar ponsel tidak mengalami kerusakan yang fatal.

No comments

Powered by Blogger.