Header Ads

Pengertian Root Pada Android

Salam manis untuk Kalian semua, dan selamat datang kembali di Yansyah Komunika.
Setelah saya kemarin membuat artikel tentang Pengertian Android. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Android merupakan sistem yang open source. Sehingga para pengguna android dapat dengan bebas merubah dan memperbaiki tampilan android agar lebih menarik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merubah tampilan android. Beberapa di antaranya adalah dengan cara menggunakan aplikasi launcher/tema dan juga bisa dengan cara merubah sistemnya dengan bantuan Root.
Pengertian Root Android
Gambar Root Android

Tahukan anda apa itu Root?

Untuk mempermudah pemahaman, saya akan mendefinisikan root itu sebagai kunci. Jika suatu pintu terkunci, maka kita tidak bisa membuka dan memasukinya. Salah satu cara untuk membuka pintu tersebut adalah dengan menggunakan kunci. Begitu pula dengan SmartPhone Android yang masih original atau baru dibeli tidak bisa dirubah sistemnya karena sistemnya masih di kunci oleh  vendor SmartPhone tersebut. Cara untuk membuka kunci dari vendor SmartPhone tersebut adalah dengan menggunakan root. Sehingga SmartPhone Android yang telah di root dapat kita rubah, hapus, atau memperbaiki sistemnya.

Pengertian Root Android
Gambar Root Android

Kelebihan Android yang telah di Root

  • Memiliki kuasa penuh terhadap SmartPhon yang anda miliki
  • Bisa mengunistal/menghapus aplikasi bawaan pabrik
  • Tentunya dapat meng-instal aplikasi yang perlu dukungan root seperti Link2SD, Titanium BackUp, Wifi Tathering, dan masih banyak lagi
  • Dapat memaksimalkan kinerja SmartPhone dengan cara menambah RAM menggunakan Partisi SDcard
  • Dapat merubah tampilan dengan cara Custom Rom

Kekurangan Android yang di Root

  • Kehilangan garansi ponsel. (namun ini bisa diatasi dengan cara UnRoot SmartPhone)
  • Dapat mengakibatkan kerusakan apabila kita salah menghapus file penting di sistem.

Kesimpulan

Root android adalah suatu cara untuk membuka kunci smartphone agar pengguna dapat memasuki sistem android. Sehingga pengguna memiliki akses penuh terhadap SmartPhone yang dimilikinya. Namun jika kita tidak hati-hati memanfaatkan akses penuh tersebut akan menimbulkan kesalahan yang fatal.
Jadi buat anda yang ingin mendapatkan Akses penuh terhadap sistem ponsel anda, maka lakukanlah Root android. Namun apapun resiko yang terjadi ditanggung sendiri oleh pengguna.
"Jika anda belum paham dengan  Root android, sebaiknya anda tidak melakukan hal tersebut"
Baca juga artikel selanjutnya tentang Cara Root SmartPhone Android 

No comments

Powered by Blogger.